Jumat, 17 Mei 2013

PILIH CAT YANG TEPAT, BIKIN TIDUR MAKIN LELAP


Setiap orang memiliki warna favorit dan cenderung mendekor kamarnya dengan warna yang ia sukai. Tetapi, ternyata warna kamar dan nuansa yang tercipta berdampak pada lelapnya tidur, lho.

Seperti diketahui orang dengan gangguan tidur atau sleep apnea dapat mengalami banyak masalah. Mulai dari menurunnya performa kerja hingga kecelakaan lalu lintas.

Nah, Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengubah warna dan suasana kamar Anda. Seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (17/5/2013) dalam sebuah studi dikatakan bahwa untuk mendapatkan tidur nyenyak warna BIRUdinyatakan sebagai warna yang paling baik sebab membuat Anda bangun dengan perasaan senang dan positif.

Menurut survei, hal ini terkait dengan ketenangan yang dapat memperlambat denyut jantung bahkan mengurangi tekanan darah. Selain biru, HIJAU dan KUNING pun menjadi pemenang dalam hal memberikan ketenangan dalam tidur.

Warna-warna ini dapat memberikan Anda waktu tidur hingga 7 jam 40 menit. Namun, sebaiknya Anda menghindari penggunaan nuansa warna UNGU yang dapat mengurangi waktu tidur Anda hingga kurang dari 6 jam. Sedangkan warna ABU-ABU dan COKLAT adalah warna yang tidak terlalu baik karena memberikan kesan yang suram dan menyedihkan.

Studi ini dilakukan oleh Travelodge dengan melibatkan 2.000 rumah di seluruh negara untuk mengetahui pengaruh warna pada kualitas tidur.

Dalam studi ini ditemukan bahwa orang yang tidur di kamar dengan warna-warna tenang seperti kuning, biru, dan hijau mendapatkan kualitas tidur yang baik. "Ini adalah hasil yang luar biasa karena ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion retina pada mata kita, yang paling sensitif terhadap warna biru," jelas Chris Idzikowski seorang ahli tidur dari Edinburgh Sleep Centre. #detikhealth




Tidak ada komentar:

Posting Komentar