Senin, 14 Januari 2013

BERAPA DOSIS AMAN MINUM KOPI SETIAP HARI ???


Kopi terbukti merupakan sumber anti-oksidan terbesar yang kemudian diikuti oleh makanan dan minuman lainnya seperti teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering, dan jagung.


Baik kopi berkafein atau bebas kafein keduanya memberikan sumbangan anti-oksidan sama tingkatnya. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul nya adalah C8H10N4O2. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.



Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung. Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.



Kenikmatan dan wangi aroma kopi memang mengundang selera dan menambah semangat, akan tetapi kita harus tetap ingat bahwa didalam segala kebaikan kopi masuh ada terselip keburukannya, jadi sebagai pecinta kopi memang sangatlah penting minum kopi sesuai dosisnya agar kesehatan bisa tetap terjaga dan bisa lebih lama merasakan nikmatnya kopi.



Sebagai penikmat kopi mungkin ada baiknya anda tahu bahwa kopi hanya baik dikonsumsi yaitu sebanyak 85 sampai 200 mg atau setara dengan 1 sampai 2 cangkir kopi sehari.



Konsul Dokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar